Senin, 30 Maret 2009

Kisi-Kisi Soal TAS Teori Ekonomi Mikro

KISI - KISI SOAL TAS TEORI EKONOMI MIKRO
1. Jelaskan perbedaan struktur pasar persaingan sempurna dan monopoli baik ciri-ciri maupun tingkat elastisitas dari permintaannya ! Gambarkan pula kurvanya !

2. Jelaskan dan sertakan grafiknya perbedaan antara P ( price ), AR, MR dan D ( Demand ) untuk struktur pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

3. Pada pasar persaingan sempurna bisa dijumpai keadaan dimana perusahaan mendapat keuntungan normal, keuntungan luar biasa maupun mendapat kerugian. Jelaskan keadaan tersebut dan sertailah gambar grafiknya !

4. Tentukan bagaimana bentuk pasarnya dari barang-barang :sabun, gula, mobil, minyak kelapa, minyak tanah, bensin, listrik, semen, rokok keretek, ikan asin, pasta gigi, sepeda motor dan sabun ! Sebutkan juga apakah permintaan masyarakat akan barang tersebut elastis atau tidak elastis ! Jelaskan alasannya !

5. Jelaskan secara singkat bagaimana perbedaan bentuk kurve-kurve MRC dan penawaran faktor produksi yang dihadapi oleh produsen yang membeli inputnya di pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna ! Tunjukan juga perbedaan-perbedaan tersebut secara grafis !

6. Jelaskan perbedaan struktur pasar persaingan sempurna dan oligopoli baik ciri-ciri maupun tingkat elastisitas dari permintaannya ! Gambarkan pula kurvanya !

7. Pada pasar persaingan monopolistis bisa dijumpai keadaan dimana perusahaan mendapat keuntungan normal, keuntungan luar biasa maupun mendapat kerugian. Jelaskan keadaan tersebut dan sertailah gambar grafiknya !

8. Jelaskan secara singkat apakah persamaan dan perbedaan pokok di antara kurve MRPx bagi produsen yang menjual outputnya di pasar persaingan sempurna dengan kurve MPRx bagi produsen yang menjual outputnya di pasar persaingan tidak sempurna (dianggap input yang dibutuhkan produsen dibeli di pasar persaingan sempurna

9. Dalam surat kabar sering dimuat berita tentang monopoli, tata niaga (cengkeh, jeruk), konglomerat, akuisisi, pembajakan merk dagang dan lain-lain.
A. Mengapa monopoli dipersoalkan di Indonesia ?
Apa pertimbangan pemerintahan untuk memberikan kedudukan monopoli pada suatu perusahaan tertentu. Setujukah Anda dengan pertimbangan tersebut ?
Siapa yang akhirnya harus menanggung akibat monopoli ?

10. Tentukan bagaimana bentuk pasarnya dari barang-barang : gula, minyak tanah, bensin, listrik, semen, rokok keretek, ikan asin, sampoo, mobil dan alat kosmetik ! Sebutkan juga apakah permintaan masyarakat akan barang tersebut elastis atau tidak elastis ! Jelaskan alasannya !

11. Kriteria apa yang digunakan agar dapat menentukan bahwa pasar suatu barang
dalam suatu industri termasuk struktur adalah pasar persaingan sempurna atau pasar
persaingan tidak sempurna. Jelaskan.

12. Kapan seorang produsen yang menjual outputnya di pasar persaingan tidak sempurna dan membeli inputnya di pasar persaingan tidak sempurna memperoleh keuntungan yang maksimum ( gunakan kasus produsen dengan satu faktor produksi variabel )
Jelaskan dan sertakan grafiknya.

13. Bagaimana cara menurunkan garis permintaan produsen untuk faktor produksi faktor produksi X ( bila X merupakan satu-satunya Faktor produksi yang dibutuhkan produsen ) dalam kasus produsen menjual outputnya di pasar persaingan tidak sempurna. Jelaskan dan sertakan grafiknya.
14. Jelaskan mengapa struktur pasar barang di Indonesia semakin oligopolistik.
Apa penyebabnya dan bagaimana pemecahannya, jelaskan.

15. Dalam pasar barang yang oligopolistik dikenal model kepemimpinan harga :
a. Apa yang dimaksud dengan model kepemimpinan harga ?
b. Jelaskan model kepemimpinan harga dari perusahaan yang mempunyai biaya yang
paling murah dalam suatu industri.

16. Jelaskan sebab-sebab pasar barang bisa mempunyai struktur monopoli.

17. Jelaskan hambatan-hambatan persaingan di Indonesia dan sektor mana yang terkena

18. A. Apa yang dimaksud dengan diskriminasi harga ?
B. Keadaan bagaimana yang memungkinkan perusahaan melakukan diskriminasi
harga ?
C. Berikan contohnya.

19. Dalam kalangan usaha swasta bisa terjadi suatu perusahaan mempunyai struktur pasar monopoli . Jelaskan bagaiman kemungkinan itu bisa terjadi.

20. A. Dalam pasar Faktor Produksi untuk tenaga kerja dikenal istilah derived Demand.
Jelaskan istilah tersebut.
c. Faktor produksi tenaga kerja mempunyai beberapa keistimewaan yang perlu diperhatikan.Manusia sebagai tenaga kerja tidak boleh disanakan dengan barang atau faktor produksi lainnya.Jelaskan sifat-sifat apa saja yang perlu diperhatikan

21. Untuk memperkuat posisi di pasaran serta untuk mendapat kebebasan untuk mengatur harga dan produksinya produsen dapat menenpuh apa yang disebut “ non price competition “. Jelaskan apa saja yang dapat dilakukan.

22. A. Jelaskan perbedaan antara MR, MC,MRFdan MCF
B. Demand pada Faktor produksi Tenaga Kerja, mempunyai perbedaan dengan
demand faktor produksi lain, jelskan dan gambarkan grafiknya.





******Selamat Mengerjakan******

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar