Selasa, 07 April 2009

SOAL TEST SUSULAN TEORI EKONOI MIKRO EKSEKUTIF ANGK IV

SOAL A

1. Jelaskan dan sertakan grafiknya perbedaan antara P ( price ), AR, MR dan D ( Demand ) untuk struktur pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna ( monopoli )

2. Pada pasar monopoli bisa dijumpai keadaan dimana perusahaan mendapat keuntungan normal, keuntungan luar biasa maupun mendapat kerugian. Jelaskan keadaan tersebut dan sertailah gambar grafiknya !

3. Tentukan bagaimana bentuk pasarnya dari barang-barang :sabun, gula, mobil, minyak kelapa, minyak tanah, bensin, listrik, semen, rokok keretek, ikan asin, pasta gigi, sepeda motor dan sabun ! Sebutkan juga apakah permintaan masyarakat akan barang tersebut elastis atau tidak elastis ! Jelaskan alasannya !

4. Jelaskan secara singkat bagaimana perbedaan bentuk kurve-kurve MRC dan penawaran faktor produksi yang dihadapi oleh produsen yang membeli inputnya di pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna ! Tunjukan juga perbedaan-perbedaan tersebut secara grafis !

5. Kriteria apa yang digunakan agar dapat menentukan bahwa pasar suatu barang
dalam suatu industri termasuk struktur adalah pasar persaingan sempurna atau pasar
persaingan tidak sempurna. Jelaskan

6. Biaya variabel rata-rata yang dikeluarkan oleh produsen tercermin dalam persamaan AVC = 2Q2 – 245Q + 3250 ( 2Q pangkat 2 ) Biaya tetap yang dikeluarkan adalah Rp. 5000. Fungsi permintaan yang dihadapi oleh produsen adalah P = -5Q + 1000.
Berapa unit barang harus terjual agar keuntungan produsen maksimum dan berapa
keuntungan maksimum tersebut


7. Diketahui : P = 15 K 0,5 L0,4 ( P = 15 K pangkat 0,5 L pangkat 0,4 )
Harga K dan L masing-masing adalah Rp. 10.000 dan Rp. 4.000.
Anggaran biaya yang tersedia adalah Rp. 18 000.000
Hitunglah jumlah K dan L yang harus digunakan agar tercapai keseimbangan produksi


Selamat Mengerjakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar